Perkembangan dan Keunggulan Jurusan Farmasi

 

Sebelumnya pasti sudah tidak ada yang asing lagi mendengar kata “Farmasi”. Pasti yang dilintas pikiran kalian yang berhubungan dengan obat-obatan :). Yaa memang sih, farmasi mempelajari secara luas mengenai obat-obatan, tapi bukan hanya obat-obatan saja lohhhh…. Mari kita baca lebih lanjut mengenai “Farmasi”…

 

Farmasi merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia . Adapun ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisonal seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan penggunaan keamanan obat dan penyediaan informasi obat. Nah jadi tuh farmasi punya program profesi yang namanya “Apoteker” yang harus ditempuh selama 1 tahun, gak tau kalau untuk tahun-tahun yang sekarang, denger-denger sih profesi nya bakal jadi 2 tahun :(. Program profesi ini bakal kita tempuh setelah lulus S1 Farmasi. Katanya sih kalau udah lulus S1 Farmasi dan gak ambil Profesi Apotekernya belum afdhol hehehe. Buat prospek kerja farmasi sendiri itu luas banget, kita bisa bertugas di institusi-institusi baik pemerintahan maupun swasta seperti badan pengawas obat dan makanan, rumah sakit, industri farmasi, industri obat tradisional, apotek, dan di berbagai sarana kesehatan.

Perkembangan Bidang Kefarmasian

 

Pelayanan kefarmasian saat ini telah semakin berkembang. Jadi dulunya farmasi itu gak terkenal di masyarakat. Bahkan dulunya setelah lulus SMA, saya sama sekali belum punya pandangan luas terhadap farmasi. Namun, sekarang jurusan farmasi mulai diminati oleh kalangan mahasiswa atau adik-adik yang baru lulus SMA. Kenapa???… Karena seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan peningkatan dalam konsumsi obat terutama obat bebas, kosmetik, health food, dan obat herbal. Sekarang juga Apoteker memberikan jaminan obat sampai ketangan pasien dalam keadaan baik,efektif dan aman disertai informasi yang jelas sehingga penggunaannya tepat dan mencapai kesembuhan.

Keunggulan Bidang Farmasi :

  1. Ilmu farmasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Farmasi tidak hanya mempelajari obat dan penyakit, tetapi berkecimpung dalam hal kosmetika dan makanan.
  3. Dengan ilmu farmasi, kita bisa waspada dengan apa saja yang bisa kita konsumsi.
  4. Ilmu farmasi bagaikan pedang bermata dua. Bisa jadi dia mengundang bencana atau mendatangkan manfaat. Seperti kata pepatah lama, obat itu racun, kecuali di tangan apoteker. Jadi farmasis berjasa mengubah benda berbahaya menjadi sesuatu yang bermanfat.
  5. Lapangan kerjanya banyak, bisa di Industri, Rumah Sakit, Apotek, Lembaga diagnostik, BPOM, LPP POM, dinas kesehatan, Universitas, dan masih banyka lagi. Bisa juga jadi konsultan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply