Budaya, Makanan, Ciri Khas Kota Bontang

 

Assalamu’alaikum, hai teman-teman 🙂 . Sebelumnya ada yang pernah denger atau tau Kota Bontang gak?Mungkin sebagian ada yang tau Kota Bontang dan mungkin udah ada yang pernah berkunjung ke Kota Bontang . Emm, tapi tenang aja untuk kalian-kalian yang belum tau Kota Bontang . Saya akan mengenalkan kepada kalian, dimana sih Kota Bontang itu? dan apa aja sih yang ada di Kota Bontang?Well…pasti penasaran kan????Cekidot 😀

 

Kota Bontang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. Kota Bontang ini terkenal dengan julukan”Kota Taman” yang artinya Tertib,Agamis,Mandiri,Aman dan Nyaman. Kota Bontang udah banyak mendapat berbagai penghargaan” dari Piala Adipura sebanyak 8 kali dan penghargaan Wistara Emas sebanyak 3 kali.

KOTA TAMAN

Di Kota Bontang terdapat 3 perusahaan besar loh, di antaranya ada;PT PUPUK KALTIM,PT BADAK LNG dan PT INDOMINCO. Ketiga perusahaan ini bergerak di bidang yang berbeda-beda seperti bidang industri,perdagangan dan batubara. Ketiga perusahaan ini sangat berpengaruh pada perekonomian Kota Bontang.

PT PUPUK KALTIM(Pupuk dan Amoniak)

 

PT BADAK LNG(Gas Alam)

 

INDOMINCO MANDIRI(Batubara)

 

Di Kota Bontang selain terkenal dengan tiga perusahaan besar, juga ada Marching Band Bontang PKT yang berada di bawah naungan Yayasan Pupuk Kaltim. Ini adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler di Kota Bontang yang sangat terkenal bahkan banyak mendapat penghargaan Internasional dan kejuaraan nasional juga . Keren kan hehehe…!!!!

MBBPKT BONTANG

Untuk budayanya sendiri Kota Bontang sering mengadakan pesta adat tahunan”Erau Pelas Benua” . Jadi dulunya saat masih jabatannya walikota Adi Dharma,kegiatan”Erau Pelas Dunia” atau yang sering disebut”Pesta Adat Laut” ini merupakan bentuk pelestarian dari kebudayaan Kutai Timur sendiri. Sangat unik sekali pada saat perayaan nya, ada kegiatan seperti perayaan obor dan rombong ayu.

Kegiatan dari”Erau Pelas Dunia”

Sekarang ini lagi hits” nya tuh tempat wisata di Bontang namanya” Pulau Beras Basah” . Banyak para wisatawan yang jauh” datang dari berbagai kota hanya untuk menikmati keindahan pemandangan bawah lautnya. Wah pastinya cocok banget buat kalian” yang suka diving 🙂 . Ada permainan Banana Boat nya juga loh 😉

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Next, ada pepatah yang mengatakan”Tak Kenal Maka Tak Sayang” . Nah kalau udah berkunjung ke Kota Bontang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bontangnya juga. Karena di Bontang juga punya makanan ciri khas loh, mau tau(?)Nyam….nyamm…. hehehehe 😀 . Look at the picture!!!

Makanan Khas Bontang “Gammi Bawis”

Ngiler nya hahaha, jadi lapar nih ngeliatnya. Makanya ayoo sini main” ke Bontang gak bakal kecewa deh :). Oh ya, bagi kalian yang juga mau tau oleh-oleh Bontang apa aja. Banyak nih dari makanan,ikan asin,terasi,bahan-bahan yang diolah dari laut,gelang,baju,topi dll. Eits….itu semua asli dari ciri khas Bontang yaa karena dibuat langsung oleh masyarakat sekitar Bontang Kuala, sekalian menambah pundi-pundi uang untuk masyarakat Bontang Kuala. Hehehehe….

Ini ada Ikan Asin,terasi,udang pape,dll.

 

Produk-produk Khas Kalimantan Timur

 

Nah ini nih”AMPLANG”namanya

At list…saya sudah memperkenalkan berbagai keindahan,keunikan dari Kota Bontang . Kota sudah menjadi tempat lahir saya nih :). Nah buat kalian jangan lupa untuk berkunjung ke Kota Bontang ya……Ini cerita kotaku mana cerita kotamu(???)

Sekian. Wassalamu’alaikum. Byeeeeee…..I’m waiting for your arrival in my town :)))))))

No Responses to “Budaya, Makanan, Ciri Khas Kota Bontang”

Leave a Reply